1.
Setelah desain
sertifikat sudah kita bikin.
2.
Siapkan
Microsoft word guna pencetakan lalu beri nama sesuai sertifikat yang akan di
cetak .
3.
masukan gambar
sertifikat tadi ke word ( bisa dengan Insert > picture , bisa juga dengan di
drop gambar ke file word langsung)
4.
atur arah kertas
menjadi LANDSCAPE karena sedang membuat sertifikat, jika kita membuat piagam
maka kita bisa memilih PORTRAIT.
cara nya : pilih page layout > Orientation > Landscape
cara nya : pilih page layout > Orientation > Landscape
5.
setelah itu kita atur ukuran kertas untuk sertifikat
nya.
Cara nya : pilih page layout > margin > Custom margin
Cara nya : pilih page layout > margin > Custom margin
dengan Top, Bottom,Left,Right masing-masing menjadi 0,5 (disini
saya menggunakan ukuran cm)
ini aka merubah garis tepi menjadi 0,5 cm sebagai batas dari ukuran maksimal
dari sertifikat karena sebagian printer tidak bisa memprint sertifikat full
biasa menyisakan tepian..
Setelah
itu pilih Ok
Dan
bila muncul dialog seperti ini
maka kita pilih saja “ Ignore “ . artinya kita menyetujui ukuran
yang kita masukan tadi.
6.
Atur lah ukuran sertifikat sesuai dengan ukuran yang
pas dengan batas ukuran 0,5 cm pada setiap sisi nya.
tips : pada saat mengatur ukuran gunakan lah tombol SHIFT tekan terus sambil kita menggeser sertifikat di bagian pojok kanan bawah
tips : pada saat mengatur ukuran gunakan lah tombol SHIFT tekan terus sambil kita menggeser sertifikat di bagian pojok kanan bawah
Ini bermakna menyamakan ukuran lebar dan ukuran
tinggi Sesuai dengan desain nya. Sehingga gambar / desain tidak menjadi terlalu
lebar atau terlalu tinggi .
7. Pilih Format > Position > lalu pilih lah
seperti ni :
Ini bertujuan untuk mengatur posisi desain tersebut
berada terletak di tengah – tengah dari kertas.
8. Maka hasil pekerjaan kita sudah sampai sini :
9.
Langka selanjut
nya adalah kita masukan nama dari pemilik sertifikat ini J, bisa dengan dua cara :
1. Cara Otomatis : jika kita dihadapi dengan kondisi penyetakan sertifikat
berlembar-lembar , kita bisa menggunakan fasilitas mail merge dengan cara ini
kita mengetikan semua nama-nama pemilik sertifikat terlebih dahulu. Sehingga
computer akan menyetak otomatis .
2. Cara manual : kita bisa mengetikan nama pemilik sertifikat satu persatu.
2. Cara manual : kita bisa mengetikan nama pemilik sertifikat satu persatu.
10. Oke, kali ni
kita menggunakan cara manual biar lebih gampang J.
cara nya kita bisa menggunakaan “ text Box “.
Stelah itu ketikan nama Pemilik sertifikat nya
Dan jangan lupa aturlah Font , Ukuran Font, Warna nya .
untuk memper indah tentunya J .
cara nya kita bisa menggunakaan “ text Box “.
Stelah itu ketikan nama Pemilik sertifikat nya
Dan jangan lupa aturlah Font , Ukuran Font, Warna nya .
untuk memper indah tentunya J .
11. Maka tampila
nya seperti ini :
Nah mungkin kalian bertanya loh kok ada warana putih nya ? kok gak transparan ? kok ada line hitam di kotak nya ? .
Nah mungkin kalian bertanya loh kok ada warana putih nya ? kok gak transparan ? kok ada line hitam di kotak nya ? .
12. Cara menggilangkan yaitu :
pilih objek nya > lalu pilih menu format > lalu pilih lah > shape fill > menjadi no fill .
pilih objek nya > lalu pilih menu format > lalu pilih lah > shape fill > menjadi no fill .
untuk menghilangkan garis hitam pada kotak nya pilih shape outline > No line.
( lIhat lah hasil nya J )
13. Lalu rata tengah kan tuliisan tersebut. Caranya:
Ctrl + E
14. Walah maka
hasil nya sudah seperti ni :
15. Selesai lah sudah penyesuain desain dan nama nya .
Langkah terakhir kita bisa langsung menyetak ( print ) hasil pekerjaan kita. J
tips pengaturan pencetakan agar hasil nya maksimal :
pada saat kita mencetak ( bisa menggunakaan Ctrl + P )
maka akan muncul
Langkah terakhir kita bisa langsung menyetak ( print ) hasil pekerjaan kita. J
tips pengaturan pencetakan agar hasil nya maksimal :
pada saat kita mencetak ( bisa menggunakaan Ctrl + P )
maka akan muncul
Tentu nya tampil ini berbeda dengan versi word yang
anda pakai (disini saya menggunakan
word.2010) tapi tenang saja karena inti nya tetap sama J
jangan lupa untuk merubah printer kita sesuai nama atau printer yang kita punya contoh :
jangan lupa untuk merubah printer kita sesuai nama atau printer yang kita punya contoh :
Langkah selanjut nya kita memilih Printer properties
yang tentu nya akan keluar jika kita sudah melakukan cara yang sebelumnya .
maka akan muncul
Pilih lah menu Main > lalu pilih lah mode text
& image > ok
ini bermaksud menjadi kan print’n kita lebih detail karena disini ada gambar dan text sehingga mengurangi cacat yang di timbulkan printer.
tentu nya efek samping dari ini dalam penyetakan akan sedikit lebih lama di banding kita memilih mode text.
ini bermaksud menjadi kan print’n kita lebih detail karena disini ada gambar dan text sehingga mengurangi cacat yang di timbulkan printer.
tentu nya efek samping dari ini dalam penyetakan akan sedikit lebih lama di banding kita memilih mode text.
16. Setelah
semua selesai kita tinggal memilih tombol print untuk menyetak hasil pekerjaan
kita . J
Mudah kan ,
Tutorial selanjut nya kita akan membahas bagaimana cara nya kita menyetak
sertifikat tanpa nama terlebih dahulu di karenakan kondisi tertentu ?. sehingga
kita penyetaka nama nya akan di lakukan lain waktu ?
Tunggu yah J
Tunggu yah J
dowload Tutorial ini ( Format PDF ) Disini
kalo sertifikat nya sudah jadi,tinggal di kasih nama cara nya gimana?
BalasHapusNah itu sama permasalahannya
Hapusgood
BalasHapushttp://blog.binadarma.ac.id/devi_udariansyah/
Makasih masukannya
BalasHapusASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama RIDWAN asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
BalasHapus1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening bagian blangko ijazah.
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.000.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
Bang mau nanya, kalau ngeprint kan namanya saja di sertifikat jadi(sudah ter print) gimanaa caranya bang?
BalasHapus